Beranda»Berita Umum»Tokoh ABAS: Yang penting pisah dari Provinsi Aceh

Tokoh ABAS: Yang penting pisah dari Provinsi Aceh

BISNIS ACEH
Minggu, 21 April 2013 14:05 WIB

IlustrasiFOTO : acehdesainIlustrasi

BANDA ACEH - Tokoh pemprakasa "Provinsi Aceh Barat Selatan (ABAS)" Cut Agam mengatakan, pihaknya tidak keberatan jika Aceh Lauser Antara (ALA) bergabung untuk dimekarkan dari wilayah Aceh.

"Apabila ALA dan ABAS disatukan jadi satu provinsi tidak ada masalah, yang penting harus pisah dengan Provinsi Aceh agar pembangunan dapat dipacu untuk kesejahteraan generasi di masa mendatang," katanya di Meulaboh, Sabtu.

Sejumlah tokoh dari enam kabupaten di pantai barat Aceh, yakni Aceh Selatan, Aceh Barat Daya (Abdya), Nagan Raya, Simeulue, Aceh Barat dan Aceh Jaya, mendeklarasikan Provinsi ABAS yang dihadiri ratusan orang di Meulaboh.

Cut Agam mengatakan, para tokoh pemprakasa ABAS mendeklarasikan dan tidak keberatan apabila ALA bersatu dengan ABAS untuk mempercepat terwujud pemekaran yang sudah diperjuangkan mulai 2003 itu.

"Yang penting kita mendesak pemerintah pusat untuk segera merealisasi pemekaran provinsi. Kami berharap pusat tidak hanya berjanji memekarkan Aceh," katanya menambahkan.

Menurutnya, Undang-Undang Nomor 11/2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA) tidak ada larangan pemekaran. Bahkan pembentukan kebijakan otonomi khusus juga searah untuk mempercepat pembangunan di Aceh.

"Upaya peningkatan pembangunan di Tanah Air harus disinergikan dengan Sumber Daya Manusia (SDA), karena itu butuh rentang kendali lebih pendek untuk mewujudkan hal tersebut," katanya menjelaskan.

Guna mempercepat terlaksananya Provinsi ABAS, Cut Agam mengatakan pihaknya juga sudah membentuk tim untuk mendatangi Kemendagri mempertanyakan kembali keseriusan pemerintah pusat itu.

"KP-3 ABAS sudah terbentuk dan tim ini akan mendatangi Mendagri untuk mempercepat pemekaran, coba lihat provinsi di luar Aceh yang sudah mekar, mereka sudah maju, sementara Aceh yang memiliki dana otonomi khusus namun pesisir  barat Aceh masih tertinggal," katanya menambahkan.

 

Sumber : Antara



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close