Beranda»Berita Umum»Rahasia penduduk Hong Kong punya umur terpanjang didunia

Rahasia penduduk Hong Kong punya umur terpanjang didunia

merdeka.com
Selasa, 04 September 2012 23:40 WIB

 

IlustrasiFOTO : ISTIMEWAIlustrasi

JAKARTA - Pria Hong Kong dikenal sebagai manusia yang memiliki umur terpanjang di dunia. Mereka bahkan telah memegang gelar tersebut selama lebih dari satu dekade. Kini, untuk pertama kalinya, data terbaru menunjukkan bahwa wanita Hongkong telah merebut gelar serupa dari China dan Jepang, seperti diberitakan Nydailynews.

Apa rahasia umur panjang penduduk Hong Kong?

Para ahli mengatakan bahwa tidak ada obat mujarab yang membuat penduduk Hong Kong panjang umur. Tetapi, terdapat beberapa faktor pendukung termasuk akses kesehatan yang mudah dan modern, serta masakan tradisional Kanton dan mahjong.

Anda tentu semakin penasaran dengan rahasia panjang umur penduduk Hong Kong, bukan? Bagaimana mungkin mereka bisa mengalahkan rekor Jepang dan China? Yuk kita kupas sampai tuntas!

Olahraga tai chi

Sebagian besar penduduk Hong Kong menyukai seni gerak tai chi. Mereka selalu melakukannya secara rutin setiap Minggu pagi di taman. Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada bulan Februari juga menemukan bahwa tai chi bisa mengurangi gangguan keseimbangan, terutama Parkinson.

Tradisi minum teh

Yum cha adalah istilah Kanton, yang menggambarkan tradisi minum teh dan makan dim sum. Rupanya, kebiasaan ini membuat penduduk Hong Kong semakin sehat. Apalagi teh mengandung banyak antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas.

Masakan tradisional kanton

Masakan tradisional kanton terkenal sehat karena lebih sering dikukus. Menu ikan dan sayur kukus jadi makanan favorit di Hong Kong. Maka dari itu, masakah tradisional kanton tidak menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas dan kolesterol tinggi.

Mahjong tunda demensia

"Mahjong adalah permainan yang bisa menunda demensia," kata Alfred Chan, seorang aging expert dari Hong Kong Lingnan University.

Mahjong merangsang bagian-bagian yang mengontrol memori dan membantu kemampuan kognitif. Alhasil, penduduk Hong Kong punya daya ingat lebih kuat deh.

Penduduk Hong Kong telah menerapkan gaya hidup sehat dalam kebiasaan mereka sehari-hari. Mulai dari makanan sampai permainan. Itulah mengapa mereka bisa hidup lebih lama dari rata-rata usia normal.



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda

Terbaru di Berita Umum

Close