Beranda»Berita Umum»Paus Fransiskus desak barat dialog dengan Islam

Paus Fransiskus desak barat dialog dengan Islam

BISNIS ACEH
Jum`at, 22 Maret 2013 21:43 WIB

VATIKAN CITY - Paus Fransiskus mendesak Barat untuk menggencarkan dialog dengan Islam dan menyerukan kepada dunia untuk berbuat lebih banyak dalam memberantas kemiskinan.

Paus baru menyampaikan permintaan itu ditujukan kepada para diplomat yang berkedudukan di Vatikan. Pesan yang disampaikan melalui perwakilan diplomat itu juga ditujukan kepada para pemimpin di lebih 170 negara yang memiliki hubungan dipomatik dengan Vatikan.

Berbicara dalam bahasa Italia, Paus juga membuat seruan pidato yang berapi-api untuk membela kaum papa dan juga lingkungan hidup. Dia menegaskan negara-negara kaya harus berperang dengan apa yang disebut "kemiskinan rohani di zaman edan" dengan cara memperbaiki hubungan yang baik dengan Tuhan.

"Betapa masih banyaknya kaum miskin papa di dunia ini! Dan betapa besarnya penderitaan yang harus mereka tanggung!" seru Paus kepada para diplomat di Sala Regia Vatikan, Jumat (22/03/2013).

Paus juga mendesak mereka untuk membantu menjaga pusat keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat dan mempromosikan dialog antar-agama sebagai katalisator demi membangun perdamaian.

"Dalam kerangka ini [perdamaian], peranan agama itu sangat fundamental. Tidak mungkin membangun jembatan antar manusia, sementara mereka melupakan Tuhan," tegasnya.

"Tetapi sebaliknya juga benar, tidak mungkin menjalin hubungan dengan Tuhan , sedangkan orang-orang saling mengabaikan. Maka penting sekali untuk mengintensifkan dialog antar berbagai agama, dan saya pikir, khususnya dialog dengan Islam," tambahnya. | reuters/bisnis



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close