Beranda»Ritel & Grosir»KFC dan McDonald's juga kena aturan waralaba

KFC dan McDonald's juga kena aturan waralaba

BISNIS ACEH
Rabu, 07 November 2012 20:15 WIB

Ilustrasi Gerai McDonaldsFOTO : ISTIMEWAIlustrasi Gerai McDonalds

JAKARTA - Gerai usaha Kentucky Fried Chicken (KFC) dan McDonlad's (McD) dipastikan bakal kena aturan waralaba toko moderen baru yang diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi saat ditemui di sela peresmian pabrik baru L'Oreal di Cikarang, Bekasi, Rabu (6/11/2012).

"KFC dan McD itu waralaba dan seluruh dunia itu waralaba. Dia datang ke sini diwaralabakan kita beri batas (punya gerai milik sendiri) 150. Kalau 151 ya kita beri jatah investor lokal," tutur Bayu.

Dia mengatakan, saat ini pemerintah tengah membicarakan soal transisi pelaksanaan aturan tersebut. Nanti, setiap kasus akan dilihat dan dibicarakan transisinya.

Seperti diketahui Permendag tersebut mengatur pemberi Waralaba dan Penerima Waralaba untuk jenis usaha Toko Moderen hanya dapat mendirikan outlet/gerai yang dimiliki dan dikelola sendiri paling banyak 150 (seratus lima puluh) outlet/gerai. Maka outlet yang ke-151 dan seterusnya wajib diwaralabakan ke publik.

Selain itu, diatur usaha toko moderen yang sudah berdiri saat ini (berlaku surut) melebihi 150 outlet sebelum keluarnya aturan ini, maka diberikan waktu 5 tahun untuk menyesuaikan ketentuan jumlah outlet/gerai yang dimiliki dan dikelola sendiri dan yang diwaralabakan. Nantinya total gerai yang sudah dimiliki dikurangi 150 gerai, lalu dari sisanya itu sebanyak 40% harus diwaralabakan ke masyarakat luas.

Penyesuaian dilakukan dengan cara melepas paling sedikit 20 persen dari jumlah outlet/gerai yang harus diwaralabakan oleh Pemberi Waralaba atau Penerima Waralaba setiap tahunnya.

 

Sumber : Detik



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close