Beranda»Properti»1,35 Juta PNS belum miliki rumah

1,35 Juta PNS belum miliki rumah

BISNIS ACEH
Kamis, 03 Januari 2013 18:45 WIB

Ilustrasi rumah murahFOTO : ISTIMEWAIlustrasi rumah murah

JAKARTA - Nilai rata-rata serapan pegawai negeri sipil (PNS) terhadap kredit pemilikan rumah (KPR) sejak hampir sepuluh tahun terakhir baru 12,5% setiap tahun.

Kepala Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum) PNS Ariev Baginda Siregar mengungkapkan angka itu sangat rendah mengingat masih terdapat sekitar 1,35 juta PNS yang belum memiliki rumah sampai saat ini.

“Sekitar 30% dari total 4,5 juta PNS di Indonesia tercatat masih belum mempunyai rumah. Hal tersebut disebabkan banyaknya kredit di luar kredit rumah yang dilakukan oleh masing-masing PNS selama ini,” katanya hari ini (3/1).

Oleh sebab itu, sambungnya, kemampuan mereka untuk melakukan kredit rumah di bank menjadi tidak terpenuhi. Dia mengatakan dari 1,35 juta PNS yang belum memiliki rumah, baru sekitar 400.000 di antaranya yang dianggap memenuhi syarat untuk bisa mengajukan KPR.

“Padahal, program Bapertarum dengan memberikan kredit Rp15 juta sebagai uang muka pengajuan KPR akan sangat mempermudah PNS dalam mengajukan kredit”.

Dia menjelaskan program itu bisa disatukan dengan program KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan dari Kemeterian Perumahan Rakyat. Dengan demikian akan memberikan kemudahan  bagi kepemilikan rumah sederhana.

“Asosiasi pengembang menargetkan bisa menjual sekitar 175.000 unit rumah tahun ini. Kita harap serapan dari PNS bisa lebih besar”.

 

Sumber : Bisnis



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda

Terbaru di Properti

Close