Beranda»Keuangan & Perbankan»Nama calon Gubernur BI segera diserahkan ke DPR

Nama calon Gubernur BI segera diserahkan ke DPR

BISNIS ACEH
Senin, 18 Februari 2013 18:26 WIB

Kantor Bank IndonesiaFOTO : ISTIMEWAKantor Bank Indonesia

JAKARTA - Dalam waktu dekat, pemerintah akan mengajukan beberapa usulan nama calon Gubernur Bank Indonesia yang akan menggantikan Darmin Nasution. Figur yang akan dibawa ke DPR harus memenuhi kriteria tertentu.

Pemerintah menyatakan, kriteria Gubernur Bank Indonesia baru haruslah memiliki pengalaman dan integritas tinggi di bidang ekonomi. Pengetahuannya mengenai moneter dan ekonomi makro harus dapat dikoordinasikan menjadi sesuatu yang rill.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan posisi Gubernur BI sangat vital, sehingga harus diisi oleh figur yang kompeten di bidangnya.

"Itu semua pandangan dan kriteria yang jadi pemikiran karena BI sangat vital," ujarnya saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Senin (18/2).

Presiden akan segera mengirimkan nama calon pengganti Darmin Nasution sebelum tenggat waktu yakni pada 22 Februari 2013.

"Itu sudah sesuai UU dan nanti juga disampaikan oleh presiden. Saya juga sudah diminta masukan," tuturnya.

Seperti diketahui, Gubernur Bank Indonesia saat ini Darmin Nasution akan habis masa jabatannya pada 22 Mei tahun ini. Berdasarkan ketentuan, Presiden harus mengirimkan surat pengajuan Gubernur BI ke DPR RI tiga bulan sebelum masa jabatan pejabat yang lama habis.

Masa tiga bulan tersebut akan digunakan pihak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mempertimbangkan calon-calon Gubernur BI yang diajukan Presiden. Pengajuan nama harus sesuai dengan tenggat agar tidak ada kekosongan jabatan begitu masa kerja Darmin Nasution berakhir.

 

Sumber : Merdeka



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda

Terbaru di Keuangan & Perbankan

Close