Beranda»Berita Utama»Peran Unsyiah dalam pembangunan Aceh belum optimal

Peran Unsyiah dalam pembangunan Aceh belum optimal

H SAKY ~ BISNIS ACEH
Selasa, 18 September 2012 18:02 WIB

 

Gedung Rektorat UnsyiahFOTO : ISTIMEWAGedung Rektorat Unsyiah

BANDA ACEH - Teuku Mukhriza Dosen Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala mengatakan bahwa sejak berdiri pada 2 September 1959 kampus kebanggan rakyat Aceh ini belum berperan secara signifikan dalam mendorong pembangunan di Aceh.

"Jika kita menilai secara kelembagaan peran kampus yang seharusnya menjadi motor pembangunan, namun Unsyiah belum optimal memainkan peran tersebut," katanya kepada Bisnis Aceh hari ini, Selasa.

Ia mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan kampus-kampus lain di luar Aceh, atau diluar negeri, peran kampus menjadi sentral dalam pembangunan disuatu daerah, baik dalam hal inovasi, riset dan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk masyarakat.

"Selama ini sumber daya yang dimiliki Unsyiah belum dimaksimalkan secara kelembagaan," ujarnya.

Namunpun begitu, tambah Mukhriza, tidak dapat dipungkiri bahwa kampus telah banyak melahirkan tokoh-tokoh yang berperan dalam berbagai sektor di Aceh.

"Namun persoalannya bahwa keterlibatan kampus secara kelembagaan belum efektif, tapi jika kita bicara individu banyak sumber daya kampus yang berperan dalam berbagai sektor pembangunan," sebutnya.

Untuk itu, Mukhriza berharap kedepan, Pemerintah Aceh maupun Kampus Unsyiah dapat mensinkronkan arah pembangunan di Aceh dengan sumber daya yang dimiliki oleh Unsyiah.

"Saya pikir sudah saatnya, pemerintah dan kampus Unsyiah untuk berpikir bagaimana menyatukan ide, gagasan dan pemikiran untuk pembangunan Aceh kedepan, syaratnya keterlibatan kampus harus secara kelembagaan," tukasnya.



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close