Beranda»Berita Utama»Pemerintah Aceh bangun informasi database kemiskinan

Pemerintah Aceh bangun informasi database kemiskinan

SUSILA ~ BISNIS ACEH
Kamis, 11 April 2013 18:15 WIB

Gubernur Aceh, Zaini AbdullahFOTO : antarafotoGubernur Aceh, Zaini Abdullah

BANDA ACEH - Gubernur Aceh mengatakan saat ini dirinya telah memerintahkan kepada Bappeda Aceh dan Dinas Registrasi Kependudukan untuk membangun sistem informasi data base kemiskinan.

"Informasi database ini nantinya akan di back up oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh," katanya kepada Bisnis Aceh.

Dijelaskannya, informasi database kemiskinan Aceh ini sangat penting, agar program dan kegiatan yang dijalankan pemerintah efektif dan tepat sasaran.

"Harapannya dengan adanya sistem informasi database kemiskinan di Aceh ini, tidak ada lagi kegiatan yang miss targeting atau salah target. Dan sasaran kegiatan pemerintah untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan dapat diukur indikator keberhasilannya," ujar Gubernur.

Selain itu, kata Gubernur, guna melibatkan pihak swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam upaya percepatan kemiskinan, Pemerintah Aceh akan segera merumuskan konsep 'Aceh Poverty Trust Fund'. "Lembaga ini nantinya akan memobilisasi dana-dana pihak ketiga, atau masyarakat yang ingin membantu pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan," sebut Gubernur.

Gubernur melanjutkan, saat ini kordinasi penanggulangan kemiskinan di Aceh akan dikordinasikan langsung oleh Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf. "Dan sebagai pimpinan pemerintah tertinggi di Aceh, setiap bulannya saya ingin mendapatkan laporan secara periode terkait progres dan kemajuan yang telah dicapai dalam penanggulangan kemiskinan," tegasnya.

Berdasarkan data BPS Aceh, angka kemiskinan di Aceh pada Desembar 2012 adalah sebesar 19,46 persen. Angka ini diatas rata-rata nasional. Pemerintah Aceh sendiri pada tahun 2013 menargetkan penurunan angka kemiskinan sebesar 2 persen. Sehingga pada Desember 2013, indikator kemiskinan di Aceh berkurang menjadi 17,4 persen.



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close