Beranda»Berita Utama»Daftar tunggu calon haji di Aceh 17 tahun

Daftar tunggu calon haji di Aceh 17 tahun

BISNIS ACEH
Rabu, 14 Agustus 2013 23:52 WIB

ilustrasiilustrasi

BANDA ACEH - Jumlah daftar tunggu calon haji di Provinsi Aceh hingga saat ini mencapai 54.168 orang, sehingga butuh waktu 17 tahun agar bisa menunaikan ibadah haji di provinsi itu.        

"Jumlah daftar tunggu setiap tahunnya terus bertambah sementara kuota yang diberikan secara nasional oleh Kerajaan Arab Saudi tidak bertambah signifikan," kata Kasubag Humas Kanwil Kemenag Aceh Akhyar di Banda Aceh, Rabu.        

Dijelaskannya bahwa jumlah kuota yang diterima Aceh setelah pemotongan 20 persen yang diberlakukan seluruh dunia termasuk Indonesia oleh kerajaan Arab Saudi menyusul perluasan Masjidil Haram hanya sebanyak 3.140 orang.        

Ia mengatakan sebelum pemotongan 20 persen tersebut  Aceh setiap tahunnya mendapat kuota calon haji yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 3.924 orang.        

Ia mengatakan jika dikalkulasikan dengan jumlah kuota yang ada saat ini maka butuh waktu sekitar 17 tahun bagi masyarakat Aceh agar bisa melaksanakan rukun Islam ke lima tersebut.        

"Minat masyarakat Aceh untuk menunaikan ibadah haji setiap tahunnya cukup tinggi sehingga antrian daftar tunggu haji juga bertambah," katanya.        

Pihaknya meyakini dengan adanya penambahan kuota haji yang diberikan secara nasional akan menjadi salah satu upaya memangkas antrean panjang daftar tunggu calon jamaah haji di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.      

"Kami yakin dengan adanya penambahan kuota secara nasional nantinya oleh Kerajaan Arab Saudi pascaperluasan Masjidil Haram akan mampu memberikan kesempatan lebih besar bagi masyarakat untuk menunaikan ibadah haji," demikian Akhyar. | antaraaceh.com



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda

Terbaru di Berita Utama

Close