Beranda»Berita Utama»BPS Aceh Utara kerahkan 672 personil lakukan sensus Pertanian 2013

BPS Aceh Utara kerahkan 672 personil lakukan sensus Pertanian 2013

JAMALUDDIN ~ BISNIS ACEH
Rabu, 01 Mei 2013 16:10 WIB

Hamdani, Kepala BPS Aceh UtaraFOTO : bisnisaceh.com/jamaluddinHamdani, Kepala BPS Aceh Utara

LHOKSEUMAWE - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Utara mulai hari ini, melakukan pendataan sensus pertanian. Pendataan tersebut akan dilakukan hingga akhir Mei 2013.

Kepala BPS Aceh Utara, Hamdani, kepada Bisnis Aceh mengatakan untuk merangkul data sensus pertanian tahun 2013 (st-2013) itu, pihaknya telah mengerahkan sebanyak 672 orang petugas yang terdiri dari 168 tim. Dalam satu tim ditetapkan satu orang petugas sebagai pengkoordinir dilapangan atau disebut Kortim dan tiga orang sebagai petugas pencacah lapangan atau disebut PCL.

“Program ini akan berakhir pada 31 Mei mendatang,” kata Kepala BPS Aceh Utara Hamdani.

Sensus pertanian ini, BPS merangkul data berupa luas lahan, jenis irigasi, luas tanam, termasuk jumlah pohon dan tanaman semusim serta tanaman berskala tahunan. Begitu juga disegi peternakan, seperti pendataan jumlah ternak yang disusun menurut jumlah kelompok. Kemudian disusun juga data pertanian menurut rumah tangga, menurut sub sektor. Misalnya jumlah rumah tangga yang melakukan pengolahan hasil pertanian dan seterusnya.

“Itu disusun sesuai label karakteristik sosial demografi seperti jenis kelamin, usia dan kondisi ekonomi masyarakat pelosok,” ujar Hamdani.

Dia menuturkan, pendataan dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu Door to door (dari pintu ke pintu). Metode ini diterapkan untuk daerah pedesaan, karena di kawasan pendesaan cenderung lebih banyak rumah tangga tani.

Sementara untuk daerah perkotaan, kata dia, BPS akan menerapkan metode Snowbolling. Metode ini dilakukan dengan cara meminta bantuan kepada Rumah Tangga Petani yang sudah didata. “Tujuannya untuk menunjukkan siapa lagi masyarakat yang berusaha tani di sekitar mereka, demikian seterusnya sampai semua rumah tangga tani yang ada di dusun (Blok Sensus) tersebut terdata dengan baik,” katanya lagi.

Untuk mendapat data sensus pertanian yang real, Bps Aceh Utara berharap, masyarakat di Kabupaten ini dapat menerima petugas Bps di lapangan dengan baik. “Kita harap masyarakat dapat menujukan data yang benar kepada Bps guna untuk dikirim ke BPS Pusat,” tutup Hamdani.



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close