Beranda»Energi & Infrastruktur»Waduk raksasa senilai Rp1,2 triliun akan dibangun di Aceh Utara

Waduk raksasa senilai Rp1,2 triliun akan dibangun di Aceh Utara

BISNIS ACEH
Kamis, 17 Januari 2013 12:23 WIB

Ilustrasi bendunganFOTO : ISTIMEWAIlustrasi bendungan

LHOKSEUMAWE - Untuk mengatasi banjir yang jadi langganan 10 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, akibat luapan Krueng Keuretoe, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara akan membangun waduk raksasa senilai Rp 1,2 triliun dengan sumber dana dari APBN tahun anggaran 2013. Bupati H Muhammad Thaib saat mengunjungi lokasi pembangunan di Desa Pante Geroe, Kecamatan Paya Bakong, didampingi anggota DPR Marzuki Daud dan Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda mengatakan, luas areal waduk nantinya 1.000 hektare dengan daya tampung air 2,15 juta meter kubik serta kedalaman sekitar 75 meter.

"Tahap awal pembangunan jalan tembus sepanjang sekitar tujuh kilometer," ujar Thaib yang juga didampingi Kabag Humas Fakhruradhi, Rabu (16/1).

Sepuluh kecamatan yang sering mengalami banjir akibat luapan Krueng Keureutoe yakni Paya Bakong, Pirak Timu, Matangkuli, Tanah Luas, Nibong, Tanah Pasir, Syamtalira Arun, Samudera, Lapang dan Lhoksukon.

"Tidak sedikit kerugian yang dialami masyarakat, tidak hanya hasil pertanian seperti padi maupun tanaman hortikultura, kerugian material lainnya seperti rumah terendam dan perabot rumah tangga selalu diderita masyarakat," ungkapnya.

Megaproyek tersebut diharapkan bisa multifungsi, di samping meminimalisir banjir luapan juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber irigasi yang mampu mengairi sekitar 10.000 hektare sawah. " Tidak tertutup kemungkinan juga dimanfaatkan untuk pembangunan PLTA," imbuhnya.

Bupati malah meyakini areal waduk bisa dijadikan sentra ikan air tawar kualitas ekspor, juga dimanfaatkan untuk obyek wisata.

Oleh karena itu, proyek raksasa itu akan banyak melahirkan multiflier effect bagi masyarakat. "Karenanya dukungan masyarakat sangat dibutuhkan agar proyek itu bisa berjalan sesuai dengan rencana. Apalagi jika waduk selesai dibangun, bisa menjadi sumber kehidupan baru bagi masyarakat," tutupnya.

 

Sumber : Medanbisnis



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close